Jenis - Jenis Model Gitar Ukulele

Wednesday, August 27, 2014

CARAGITAR.com - Jenis - Jenis Model Gitar Ukulele. Ukulele merupakan sebuah alat musik petik yang berbentuk layaknya gitar, yang membedakan hanyalah ukuranya yang lebih kecil dan juga jumlah dawai/senarnya yang lebih sedikit dibanding gitar.

Ukulele merupakan alat musik asli dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1878, alat musik ukulele dalam bahasa hawaii artinya "kutu loncat". Untuk melihat sejarah ukulele, silahkan baca di wikipedia pada tautan berikut. http://id.wikipedia.org/wiki/Ukulele#Sejarah_Ukulele

Di Indonesia sendiri ukulele juga dikenal luas oleh hampir sebagian masyarakat. Ukulele lebih populer di kalangan orang jawa yang biasa digunakan untuk bermain musik keroncong.

Ukulele mempunyai berbagai maca jenis. Jenis yang paling umum di gunakan di Indonesia adalah jenis COncert, yaitu model yang mempunyai ukuran sekitar 38 cm dan bernada G C' E' A'


Berdasarkan Jenis dan Ukuran ukulele dibedakan menjadi 4 model yaitu :

macam model ukulele


1.  Model ukulele soprano
Tuning (standard)- Ukuran 33 cm - Tala g'c'e'a' atau a'd'f#'b'
Model ini adalah model paling kecil yang merupakan bentuk tradisional dari ukulele yang lainya, dengan ukuranya yang kecil ukulele model ini menjadikanya menjadi portable alias bisa dibawa kemana-mana. Bagi anda pemula saya menyarankan untuk memulai belajar ukulele dari model terkecil ini.

2. Model ukulele concert
Tuning Tala g'c'e'a' Ukuran 38 cm
Model concert adalah model paling ideal diantara model ukulele yang lain. Degan body yang lebih besar dai model soprano model ini akna memudahkanjari untuk bereksplirasi lebih jauh tanpa meninggalkan suara asli dari ukulele

3. Model ukulele tenor
Ukuran 43 cm  Tuning Tala g c'e'a', g'c'e'a', atau d'g b e'
Model tenor adalah model yang lebih besar dari concert dimana ukuran body dan neck tidak jauh berbeda. tenor masih menjadi pilihan para pemain professional karena jarak antar fret dengan lebar fretboardnya yang lebih jauh atau besar. Suara lebih tebal sehingga cocok untuk dimainkan solo.

4. Model ukulele baritone 
Ukuran 48 cm - Tuning Tala d g b e'
Model ukulele yang paling besar ini cocok untuk pemain gitar yang convert ke ukulele secara instan. Karena pada umumnya ukuran ini memiliki tuning yang sama 4 senar bawah pada gitar: D-g-b-e, sehingga chord yang dimainkan sama dengan gitar.

Untuk informasi tentang ukulele lainya, silahkan baca artikel dibawah ini :

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License