Tips Cara Menggunakan Efek Gitar Pedal

Tuesday, September 16, 2014

CARAGITAR.com - Tips Cara Menggunakan Efek Gitar Pedal. Efek gitar memang sangatlah berpengaruh dalam permainan gitar, khususnya untuk genre seperti rock, jass, regae, dan heavymetal. Menyetingnya-pun tidaklah sembaranga, perlu pengetahuan yang cukup untuk bisa menyeting efek gitar dengan pas sesuai karakter lagu yang akan kita mainkan. Untuk menambah pengetahuan tentang efek gitar, disini akan saya berikan beberapa tips cara menggunakan efek gitar jenis pedal.

Jenis Efek Gitar Pedal

Distortion and Over Drive
Jenis efek ini adalah yang paling umum dan paling populer digunakan oleh sebagian besar gitaris di seluruh dunia. Jenis distorsi bervariasi tergantung jenis pedal, mulai dari yang halus sampai yang kasar. Jika anda adalah gitaris Heavy metal, Punk Rock, atau beberapa jenis musik hardrock distorsi atau overdrive sangatlah penting

Kebanyakan efek pedal distorsi bekerja dengan cara memancarkan gelombang suara persegi pada frekuensi yang sama sebagai input dari gitar. Keduanya kemudian dicampur bersama-sama. Proporsi efeknya untuk suara normal kemudian disesuaikan dengan distorsi. Semakin banyak nilai pada distorsi maka semakin distorsi itu terlihat. Banyak ampifier gitar yang juga built-in dengan distorsi

Kontrol umum yang harus anda ketahui pada efek gitar pedal distorsi :
 - Level - menyesuaikan jumlah volume.
 - Presence - Menghasilkan frekuensi tinggi dan rendahnya
 - Distortion atau Overdrive - Mengatur jumlah distorsi.

tips trik efek pedal gitar


Phasing and Flanging
Sebuah phaser atau flanger memberikan gitar suara yang kaya dan tampak berbaur atas dan ke bawah. Sebuah phaser bekerja dengan memisahkan sinyal suara dari gitar pick up menjadi dua. Kedua sinyal suara kemudian bergeser untuk keluar dari fase satu sama lain. Proses ini juga dikenal sebagai fase pergeseran dan merupakan dasar dari kedua flanging dan pentahapan. Sinyal yang dikeluarkan dari fase dengan mengubah kecepatan satu sinyal, yang mempengaruhi pitch

Kontrol umum yang harus anda ketahui pada efek gitar Phasing dan Flanging :
 - Manual – mengatur waktu tunda
 - Depth – menyesuaikan sweep range : seberapa jauh suara pergi 'out of place'
 - Rate – menentukan kecepatan sweep
 - Resonance – mengontrol jumlah feedback


Noise Gates
Noise Gates akan menghilangkan kebisingan latar belakang. Ini sangat penting jika anda akan memainkan gitar untuk rekaman. Jika anda menggunakan beberapa pedal Noise gates ini akan berguna untuk menghilangkan kebisingan dari efek efek pedal gitar yang lainya. biasanya efek ppedal ini diletakan di paling akhir sebelum terhubung ke ampli dan speaker gitar.

Noise gates memiliki kontrol yang disebut release time. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan noise gates untuk terbuka dan tertutup.


Chorus
Efek Chourus dapan membuat penundaan atau delay dan perubaha pitch. Perubahan kecil dalam keduanya dapat menciptakan suara instrumen terdengar seperti banyak/serempak. Hal ini akan membuat efek yang sangat full saat digunakan.

Kontrol umum pada Chourus Pedals :
 - Rate – intensitas variasi.
 - Depth – mengontrol lebar sweep
 - Tone – meningkatkan suara treble


Delay and Sampling
Efek ini bisa dibilang sangat serbaguna, karena efek ini bisa digunakan untuk membuat semacam resonansi.

Kontrol umum pada efek Delay dan Sampling Pedals :
 - Delay level – mempengaruhi volume delay.
 - Feedback – menyesuaikan kecepatan dimana suara diulang
 - Delay Time – menyesuaikan kecepatan dimana suara diulang
 - Range – memiliki empat pre-set delay yang akan mengatur bagaimana efek echo digunakan.
 - Hold – memiliki tiga posisi :off, tidak terkunci, dan terkunci


Wah Wah
Efek ini akan menekankan suara pada frekuensi tertentu. Perubahan kontrol pedal bergerak atas dan bawah. Sama dengan namanya, efek ini akan menciptakan suara "wah wah"

Efek pedal jenis ini sangat populer di era 1960-an. efek suara yang paling terkenal disebut 'Cry Baby' yang dipopulerkan oleh Jimi Hendrix.  Dengan efek ini anda bisa menciptakan berbagai macam suara yang aneh.


Artikel terkait :
 - Cara tuning/stem gitar drop d
 - Cara tuning/stem gitar standard
 - Tips cara memilih ukuran pick gitar
 - Cara belajar gitar tingkat dasar
 - Cara belajar gitar tingkat menengah
 - Merk-merk gitar elektric terbaik


Referensi : http://www.howtotuneaguitar.org, images.google.com Tags : cara menggunakan efek gitar, tips menggunakan efek peda, tips efek pedal gitar, cara memakai efek gitar pedal, tips cara memakai efek pedal, tutorial efek pedal gitar, tips trik menggunakan efek pedal gitar.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License