Macam Jenis Body Gitar Elektrik

Friday, October 17, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Macam Jenis Body Gitar Elektrik. Gitar elektrk adalah gitar yang menggunakan sumber daya listrik untuk memainkanya. Gitar ini dirancang agar bunyi yang dikeluarkan dapat diperkuat secara elektrik.

Suara yang dihasilkan nantinya akan dimanipulasi oleh perangkat amplifier yang kemudian akan dikeluarkan outputnya di speaker. Gitar elektrik adalah jenis gitar yang paling banyak dimainkan kedua setelah gitar akustik. Tetapi untuk di pentas/konser gitar elektrik tetap menjadi nomor 1 yang paling banyak dimainkan.

Pada gitar elektrik biasanya jenis body akan menentukan untuk genre apakah gitar akan digunakan, apakah untuk genre Rock, Blues, Pop atau lainya. Bentuk body juga mempengaruhi itu semua.

Pada umumnya, jika dilihat dari segi jenis bodynya, terdapat 3 type dasar gitar elektrik, yaitu Solid Body Guitar, Hollow Body dan Semo-Hollow Body Guitar. Disini caragitar.com akan memberikan penjelasan mengenaui masing-masing jenis dasar body gitar elektrik.

Macam Jenis Body Gitar Elektrik


1. Solid Body
Gitar elektrik yang berjenis body "Solid Body" ini adalah tipe gitar elektrik yang paling banyak dan paling umum digunakan. Jenis gitar ini memiliki body yang utuh dan tanpa rongga-rongga. Tipe gitar ini paling sering digunakan oleh gitaris beraliran Rock, Metal dan Pop.


Dibawah ini adalah contoh gitar dengan jenis body "Solid Body" buatan Ibanez.

gitar ibanez solid body
Ibanez JBM100
2. Hollow Body
Selanjutnya adalah gitar elektrik dengan type body "Hollow Body". Tipe ini adalah tipe gitar dimana pada bagian body gitar terdapat rongga seperti yang terdapat pada gitar akustik. Rongga ini dimaksudkan untuk memberikan "citarasa" gitar akustik. Dengan kata lain mungkin gitar ini adalah gitar akustik yang diberi pick-up.

Gitar jenis ini sering dimainkan oleh gitaris beraliran Pop, Blues dan Jazz.

Dibawah ini adalah contoh gitar dengan tipe body "Hollow Body" yang dibuat oleh Glen Burton.

tipe gitar hollow body
Glen Burton GE775-CHIC-NT

3. Semi-Hollow Body
Terakhir adalah tipe gitar elektrik dengan body "Semi-Hollow Body". Tipe gitar ini memiliki rongga hampir seperti hollow body, tetapi yang membedakan adalah pada gitar tipe ini masih terdapat kayu pada pada bagian belakang pickup. Artinya tidak semua bagian body gitar memiliki rongga. Pada bagian depan kayu pada inilah biasa dilekatan pick-up.
gitar semi hollow body
Dean BOCA 12 String Semi Hollow Body

Artikel terkait :
 - Belajar teknik gitar Legato untuk pemula
 - Belajar teknik gitar petikan
 - Tips memilih efek gitar yang baik

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License