Tips Cara Membersihkan Senar Gitar

Saturday, October 25, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Tips Cara Membersihkan Senar Gitar. Seorang gitaris pastinya akan selalu merawat dan menjaga keadaan dari gitar yang dia miliki, termasuk menjaga agar senar gitar tetap terawat dan selalu bersih.

Senar gitar yang kotor akan berpotensi menjadi tempat bertumbuhnya kuman-kuman dan bakteri jahat. Hal ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan fisik anda, terutama pada jari anda, karena biasanya setelah bermain gitar kebanyakan orang susah untuk mencuci tanganya dulu sebelum melakukan aktifitas selanjutnya misalnya makan.

Senar gitar yang kotor juga akan mempengaruhi kualitas suara dan keawetan gitar itu sendiri. Senar yang bersih akan menghasilkan nada yang cemerlang dan jernih, sedangkan senar yang kotor dan tidak terawat akan menghasilkan suara yang kotor pula. Untuk itu disini caragitar.com akan memberikan tips cara membersihkan senar gitar agar selalu bersih.

Tips cara membersihkan dan merawat senar gitar


1. Bersihkan debu setelah menggunakan
Pastikan senar gitar dalam keadaan bersih setelah anda selesai memakainya, anda bisa mengelapnya dengan kain bersih untuk menghilangkan kotoran sebelum anda menyimpan/meletakan kembali gitar anda.

2. Bersihkan senar secara rutin
Bersihkan senar gitar secara rutin minimal seminggu sekali atau 2 minggu sekali dengan pembersih khusus atau cleaner khusus untuk bahan metal/besi.

3. Kendorkan senar
Jika anda ingin menyimpan gitar anda untuk waktu yang cukup lama pastikan anda mengendorkan semua gitar sampai benar-benar kendor. Ini berguna untuk menjaga neck gitar dan juga senar gitar itu sendiri.

4. Hindarkan senar gitar dari air atau lembab
Pastikan anda untuk tidak membasahi senar gitar anda dengan air atau menyimpanya di tempat yang lembab. Jikapun anda membasahi senar gitar dengan tujuan untuk membersihkanya pastikan anda harus cepat mengeringkanya, karena dikhawatirkan air dapat membuat senar menjadi berkarat.

5. Jauhkan gitar dari debu
Selalu jauhkan gitar anda dari debu. Debu sangat berpotensi merusak senar gitar, karena debu yang halus akan menempel pada senar gitar dan akan menjadi kerak yang susah dihilangkan. Pastikan anda tidak menyimpan gitar anda di tempat yang berdebu. Jikapun tidak ada tempat lain anda bisa membungkus gitar dengan plastik dengan rapat atau menaruhnya dalam softcase/hardcase.

Demikian tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk menjaga senar gitar anda agar selalu terawat dan bersih. Jika anda ingin menambahkan tips lain, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Terimakasih telah membaca tips sederhana ini.


Artikel terkait :
 - Belajar teknik petikan dalam bermain gitar
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License