Belajar Teknik Bermain Gitar Akustik

Wednesday, October 1, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Belajar Teknik Bermain Gitar Akustik. Teknik gitar sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan kita bermain gitar. Untuk gitar akustik jumlah teknik-nya mungkin tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan gitar elektrik. Tetapi karena tekniknya yang terbatas itulah kita harus mempelajarinya satu persatu.

Disini caragitar.com akan memberikan penjelasan tentang teknik gitar akustik mulai dari teknik bending, vibrato sampai dengan teknik harmonic.

Belajar Teknik Bermain Gitar Akustik


1. Teknik Hammering
Teknik adalah teknik dimana kita membunyikan nada dua atau lebih dengan sekali petik saja. Caranya adalah dengan menggeser jari kita semakin tinggi (nadanya). Dengan mempercepat tempo maka teknik ini bisa sangat luar biasa. Teknik ini biasanya digunakan untuk permainan melody.

Teknik hammer sendiri dibagi menjadi dua, yaitu :
 - Hammer on
 - Pull-off

Cara memainkan teknik hammer-on :

Contoh 1 :

e|--0--h3-h5---------------------------------------------|
B|-------------------------------------------------------|
G|-------------------------------------------------------|
D|-------------------------------------------------------|
A|-------------------------------------------------------|
E|-------------------------------------------------------|

Maksud dari tab diatas adalah :

Petik senar ke-1 tanpa ditekan lalu segera tekan fret ke-3 tanpa dipetik lagi. Anda bisa melanjutkan dengan fret ke-5 masih tanpa dipetik dengan jari Anda yang lain (h artinya hammer-on).

Jika anda tidak bisa membaca tab gitar, klik disini untuk belajar cara membaca tab gitar.

Contoh 2 :

e|-------------------------------------------------------|
B|-------------------------------------------------------|
G|---5-h6-h7-h8------------------------------------------|
D|-------------------------------------------------------|
A|-------------------------------------------------------|
E|-------------------------------------------------------|

Maksud dari tab diatas adalah :

Petik senar ke-3 pada fret ke-5, kemudian tanpa memetiknya lagi tekan fret ke-6, kemudian fret ke-7, terakhir fret ke-8. Ingat anda hanya melakukan satu kali petik di awal saja.

2. Teknik Sliding
Hampir sama dengan teknik hammering, teknik gitar sliding akan membunyikan lebih dari satu nada dengan sekali petik dengan senar yang sama. Beda dengan hammering, teknik sliding dilakukan dengan satu jari yang sama.

Teknik sliding terbagi menjadi 4 macam, untuk melihatnya satu persatu, silahkan baca artikel berikut:
 - Tutorial Lengkap Teknik Gitar Sliding

3. Teknik Bending
Teknik bending banyak diterapkan pada musik blues atau melody pop.

Sebuah teknik bending dengan menaikan nada dengan cara menekan senar ke atas.
Double String Bending. Double bending dilakukan dengan melakukan bending dua nada yang berbeda bersama-sama (sekali petik). Bending jenis ini paling umum menggunakan senar ke-2 den senar ke-3.

Vibrato. Sebuah teknik dengan menaikan-turunkan nada dengan cepat. Ada dua cara vibrato, yaitu vertikal dan horisontal.(selengkapnya : Cara memainkan teknik gitar bending)

5. Teknik Arpeggio
Jika anda akrab dengan musik rock terutama rock berkarakter keras dan cepat, tentunya anda tidak heran dengan permainan solo yang begitu cepat. Hal ini dilakukan dengan teknik Arpegio.

Teknik ini sangat sederhana, dimana posisi jari tangan kiri membentuk chord sedangkan pola petik dari pick dengan downstroke di senar-senar yang bernada dari senar paling besar ke paling kecil. Tapi teknik ini sering juga dilanjutkan dengan upstroke dari senar terkecil ke yang besar. Posisi tangan kiri tetap sama, meskipun sering diakhiri dengan hammering atau bending. (selengkapnya: tutorial bermain teknik arpeggio )

6. Teknik Power Chord.
Setiap chord yang kita mainkan di leher gitar pada dasarnya memiliki beberapa nada yang diulang. Misalnya chord E terdiri dari nada E-B-E-G#-B-E. Tetapi dengan Power Chord anda hanya membunyikan 2 atau 3 nada utama. yang sering dipakai adalah nada ke-5(sol), sehingga suata yang dihasilkan tetap sama untuk mayor maupun minor. Itu sebabnya Power Chord juga dikenal sebagai chord ke-5 atau E5.

7. Teknik Muting
Teknik muting ini diperoleh dengan menyentuh senar dengan sisi luar telapak tangan kanan. Untuk menghasilkan efek yang baik dan tetap memperdengarkan nada ataupun chord yang dibentuk tangan kiri, maka posisi sentuh terletak pada senar paling belakang atau paling dekat dengan tremolo. Jika posisinya tepat, maka jikapun telapak anda tekan, maka suara masih tetap terdengar baik. Jika posisinya tidak tepat, maka tidak akan terdengar nada atau chordnya.

Untuk mengecek ketepatan posisi, coba anda tekan salah satu nada ataupun chord dengan tangan kiri. Lakukan posisi muting. Petik senar, geser-geser posisi telapak tangan kanan anda, dan cari nada yang paling jelas. Jika ketemu disitulah posisi anda seharusnya.

8. Teknik Harmonik
Saat saya membaca-baca buku tentang gitar, sebenarnya suara terdiri dari nada-nada harmonik. Ketika kita memetik senar, suara yang kita dengar adalah suara dasar yang sering dikenal dengan suara fundamental. Sedangkan suara lain adalah harmonik yang frekuensinya adalah diatas 1 oktav dari fundamental.

Open String Harmonic. Dengan caa ini kita akan memperoleh 5 nada harmonic.
Fretted String Harmonic. Kita dapat mendengar suara semua harmoni yang kita inginkan dengan teknik fretted string harmonic. Caranya, jari tangan kiri menekan suatu nada yang diinginkan, sementara jari yang menyentuh senar adalah jari tangan kiri. Peran pemetik tetap pada jari tangan kanan. Posisi sentuh jarak fret sama dengan open string harmonic.
Pinching Harmonic. Pinching harmonic pada dasarnya sama dengan fretted string harmonic, hanya saja fungsi sentuh bukan jari tangan kanan melainkan ujung luar jempol tangan kanan. Posisi sentuhnya bukan diatas fingerboard, melaiknak di atas bodi gitar (meskipun bisa saja melakukan hal itu). Inin artinya, fret di atas 24. Anda dapat mencobanya untuk mencari harmoni yang tepat.
 - Cara memainkan teknik pinch harmonik


Artikel selanjutnya > Berbagai Genre Musik Dari Gitar Akustik
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License