Tips Cara Memilih Senar Gitar

Wednesday, September 24, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Tips Cara Memilih Senar Gitar. Ada beberapa tipe ukuran senar gitar. Setiap senar mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, tergantung dari jenis musik apa senar akan digunakan.

Senar dengan ukuran ultra light (tipis) memiliki volume dan sustain suara yang kurang tajam. Senar jenis ini juga sering "keluar jalur" tuning. Sebagai contoh, ketika anda telah pas menyetem, jika posisi fret gitar anda tinggi, ketika anda memainkan chord, maka suara yang dihasilkan akan fals karena keteganganya bertambah. Itulah sebabnya gitar yang baik memiliki ketinggian fret yang cukup rendah dengan fretboard-nya.

Namun, jika anda senang bermain bending tinggi (11/12 nada) dan sering bermain hammering, maka jenis senar ini sangat cocok untu Anda. Semakin besar ukuran senar (medium heavy), semakin keras pula volume yang akan dihasilkan. Namun demikian akan semakin riskan untuk bermain efek bending, karena anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk membendingnya. Namun, jika anda bermain rhythm atau jarang bermain lead maka tipe medium atau heavy sangatlah tepat.

Dibawah ini adalah daftar ukuran senar gitar berdasarkan ketebalannya.

cara pilih senar gitar

Setiap senar yang baru anda beli memiliki kekuatan yang standar, sehingga anda tidak perlu takut akan putus jika disetel standar. Senar akan mudah putus jika disetel melebihi kekuatanya. Karena itu, jangan sekali-sekali menempatkan senar di tempat yang salah. Misalnya senar 3 dipakai untuk senar 1.

Untuk membaca tutorial lengkap cara menyetel/menyetem gitar standard baca artikel ini :
 - Cara stem/tuning gitar standar

Demikian juga, jangan nemempatkan senar 1 ke senar 3. Memang karena ketegangannya berkurang, senar ini sulit putus. Namun akan sulit menjaga "tuning" dimana jika ditekan akan fals.


Artikel terkait :
 - Tips menggunakan efek pedal gitar
 - Merk - merk gitar elektrik terbaik
 - Cara belajar gitar dengan cepat dan mudah
 - Cara belajar gitar tingkat menengah

Referensi: images.google.com
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License