Pengenalan Gitar Bass Untuk Pemula

Friday, October 3, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Pengenalan Gitar Bass Untuk Pemula. Pada bagian ini kita akan mempelajari hal mendasar yang harus anda ketahui sebelum kita melanjutkan ke praktek. Bagian ini sangatlah penting, karena jika anda tidak bisa menguasai hal mendasar ini maka anda akan menemui kesulitan nantinya baik saat latihan atau membaca tutorial selanjutnya.

Disini caragitar.com akan membahas tentang sejarah gitar bass, penggunaan gitar bass dan beberapa referensi tentang merk gitar bass terbaik.

Gitar bass sendiri adalah gitar yang mempunyai bentuk fisik beda dari gitar-gitar lain. Bentuk gitar bass sedikit lebih besar dan panjang, senar yang tebal dan senar yang biasanya hanya terdiri dari 4 senar saja. Meskipun ada beberapa yang terdiri dari 5 bahkan 6 senar. Hampir semua gitar bass menggunakan sistem elektrik artinya dibutuhkan spull/pick up, ampli gitar, speaker dan tentu saja sumber daya listrik untuk memainkanya. Adapun beberapa gitar bass yang menggunakan sistem tabung/resonansi

Sejarah Gitar Bass

Sejarah gitar bass berawal dari nenek moyang bass yaitu double bass. Double bass dalam perkembanganya telah mengalami banyak perubahan. Double bass adalah alat musik yang dimainkan dengan posisi tegak berdiri oleh pemainya. Alat musik ini terkenal di Eropa pada abad ke 15.

Perkembangan bentuk bass sampai ke bentuknya sekarang ini bermula pada tahun 1900 ketika banyak genre musik bermunculan. Dan sebuah perusahaan alat musik Gibson pada tahun 1920 membuat sebuah inovasi penting yaitu dengan menciptakan gitar bass elektrik. Hal ini membuat suara yang dihasilkan lebih kuat tanpa kuatir akan penurunan kualitas suara.

Selanjutnya pada tahun 1930-an seorang bernama Paul Tutmarc menciptakan bass dengan ukuran lebih praktis. Kemudian pada tahun 1950 adalah puncak dimana gitar bass dikembangkan. Seorang gitar bass yang benar-benar presisi dan paling nyaman diciptakan oleh seorang bernama Leo Fender. Dan Bass gitar buatan Fender kini menjadi desain yang paling banyak digunakan sampai sekarang.


Berbagai Merk Gitar Bass

1. Yamaha

Yamaha memang salah satu produsen gitar bass terbaik di dunia. Yamaha Corporation selaku pembuat gitar yamaha adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini memasok berbagai jenis gitar yamaha ke Asia, Eropa dan Amerika. Produk unggulan gitar bass yamaha adalah Yamaha RBX374
gitar bass yamaha terbaik
Yamaha RBX374 - credit: yamaha.com

2. Ibanez

Ibanez adalah salah satu dari produsen alat musik terbaik dunia. Produk gitar bass unggulan dari Ibanez adalah Ibanez GSR200. gitar ini merupakan gitar bass sempurna untuk pemula dengan tampilan terlihat cool. Gitar bass ini sangatlah tipis dan ringan dan yang pasti nyaman digunakan. Body bass terbuat dari kayu pohon athagis, neck dari kayu maple dan fretboard dari kayu terbaik rosewood. 

gitar bass ibanez terbaik
Ibanez GSR200 - credit image: ibanez.co.jp

3. Epiphone

Epiphone adalah asosiasi dari perusahaan gitar Gibson untuk gitar akustik. Kualitas suara dari Epiphone hampir sama dengan produk Gibson, dengan variasi harga membuat Epiphone menjadi populer.


Referensi : wikipedia.org, yamaha.com, ibanez.co.jp, epiphone.com.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License