Anatomi Bagian-Bagian Gitar Bass

Saturday, October 4, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Anatomi Bagian-Bagian Gitar Bass. Mempelajari anatomi atau bagian-bagian gitar bass memang sangat penting untuk menunjang pengetahuan kita nantinya saat mempelajari gitar bass lebih dalam. Hal ini sangat berguna untuk diterapkan pada saat kita menyetel gitar bass, membersihkan gitar bass, memperbaiki gitar ataupun memilih gitar bass untuk kita beli.

Beberapa bagian dari gitar bass yang harus anda tahu adalah fretboard, tunner dan neck gitar bass. Mungkin bagian lain tidak lah terlalu penting, tapi jangan juga menyepelekanya. Disini caragitar.com akan memberikan pengenalan gitar akustik berupa gambar dan dilengkapi dengan pembahasan.

Mempelajari Bagian-Bagian Gitar Bass


Dibawah ini adalah gambar anatomi bagian-bagian gitar bass elektrik.
gambar bagian gitar bass


1. Kepala (Headstock)
gambar headstock gitar bas
Headstock gitar bass ada di bagian paling atas gitar. Bagian ini terbuat dari kayu yang pada bagianya terdapat tunner yang terbuat dari logam dan juga nut. Pada bagian inilah sang perusahaan pembuat gitar mencantumkan logo nama/merk gitar mereka. Biasanya bagian ini juga memppunyai karakter bentuk sendiri-sendiri tergantung dari si pembuat gitar.

2. Nut
gambar nut gitar bas
Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Tanpa nut maka suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merk gitar mempunyai warna nut yang sama yaitu putih.

3. Tunner
tuner gitar bas
Tuner gitar bass terdiri dari 4 buat, tergantung dari jumlah senar yang ada. Satu senar mewakili 1 tunner. Bahan baku dari tunner gitar bass adalah material mekanik yang sangat kuat yaitu logam, baik itu jenis tembaga, besi, stainles stel bahkan titanium. Fungsi dari tunner adalah untuk mengatur kekencangan sebuah senar, sehingga senar bisa di setem. atau bahasa lainya tuning.

4. Fret
mengenal fret gitar bas
Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

5. Leher (Neck)
leher gitar bas
Leher gitar bas adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna. Jika leher gitar sudah melengkung maka dipastikan gitar tersebut sudah tidak bagus lagi. Leher gitar ini terbuat dari kayu solid berkualitas tinggi.

6. Penghubung
penghubung gitar bas
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body).

7. Badan (Body)
body gitar bas
Badan gitar adalah bagian yang paling menonjol pada gitar, karena hampir 80% gitar terdiri dari badan gitar. Badan gitar juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Bentuk dari badan gitar sangatlah beragam dan bervariasi tergantung dari si pembuat gitar.

8. Bridge
bridge gitar bas
Bridget gitar bas sangat memegang peranan penting bagi kualitas gitar bas. Bridge yang jelek akan menyebabkan senar gitar bas kurang optima, mudah kendor dan sebagainya. Berbeda dengan bridge gitar akustik yang terbuat dari kayu, bridge gitar elektrik terbuat dari bahan logam yang kuat dan kokoh. Bridge pada gitar bass juga bisa distel.

9. Pick Guard
Pick guard pada gitar bass ini adalah bagian berwarna hitam pada sebagian body gitar. Fungsinya adalah untuk melindungin body dari goresan pick. Tentu saja karena body gitar terbuat dari kayu, sedangkan pick guard terbuat dari bahan yang kuat. Pick guard juga terdapat pada jenis gitar lain, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik.

10. Pick up
Pick up memegang peranan penting no.1 untuk gitar bass elektrik. Karena bagian ini sangat menentukan jenis suara dan kualitas suara yang dihasilkan gitar bas. Pick up yang bermerek dan berkualitas akan sangat baik dari pada pick up abal-abal. Karena walaupun body gitar anda berharga ratusan juga, jika pick up nya masih abal-abal maka sangatlah percuma, karena suara yang dihasilkan akan jelek. Fungsi dari pick up ini adalah untuk menangkap frekuensi dari senar gitar yang akan diubah menjadi sinyal analog dan akan disalurkan ke ampli gitar bass.

11. Senar (String)
Senar gitar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar belumlah lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Jumlah senar gitar bass pada umumnya ada 4 buah, yaitu senar 1, senar 2, 3 dan senar 4. Masing - masing senar juga mempunyai nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G (Standard Tuning).

12. Volume/Tune Control
Volume berguna untuk mengecilkan suara dan mengencangkan suara yang dihasilkan, sedangkan tune control berfungsi untuk mengatur tone pada gitar bas.

13. Fingerboard/Fretboard
fingerboard gitar bas

Seusuai dengan namanya Fingerboard yang berarti papan jari. Yaitu adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).

14. Jack Output
Jack output adalah bagian yang digunakan untuk menghubungkan gitar bas dengan ampli gitar. Jack output ini berbentuk sebuah lubang, yang bisa dimasuki jack. Biasanya bagian ini terdapat di bagian bawah gitar.


Senar Gitar


Gitar bass mempunyai 4 buah senar pada umumnya, adapun model lain mempunyai 5 dan 6 senar. Senar gitar bass terbuat dari bahan stainless stell yang kuat dan tebal sekali.

Tuning gitar bass sangat beragam, berdasarkan jumlah senarnya tuning gitar bas adalah sebagai berikut.

 - Cara stem/tuning gitar bass (standard tuning)

Empat senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E" (senar kecil ke senar besar), "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dipakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C" Tetapi ada juga yang memakai Piccolo Bass dengan pola biasa "G-D-A-E" tetapi satu oktaf lebih tinggi

Lima senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B"(senar kecil ke senar besar), "F-C-G-D-A" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".

Enam senar
Biasanya ditalakan ke "C-G-D-A-E-B"(senar kecil ke senar besar), walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.

Nada Pada Gitar


Setiap fret yang dipencet pada gitar  bass mempunyai nada yang berbeda-beda, untuk lebih lengkapnya, lihat gambar dibawah ini.

nada pada fret gitar bas

Semoga dengan mempelajari bagian-bagian gitar bas dapat memperdalam ilmu anda tentang musik.


Artikel terkait :
 - Tips dasar cara memainkan bass

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License