Tips & Tutorial Cara Belajar Gitar Bass

Saturday, October 4, 2014

logo cara belajar gitar bass
TUTORIAL GITAR LENGKAP - Gitar Bass merupakan elemen penting dalam sebuah grup musik. Tanpa kehadiran alat yang satu ini sebuah lagu akan terasa sangat hambar. Gitar bass sangat memegang peranan penting dalam sebuah komposisi musik. Begitu juga dengan sang bassis. Seorang bassis harus tahu bagaimana cara mengatur tempo dan nada yang pas.

Untuk mempelajari gitar bass caranya sangat beda dengan gitar - gitar yang lain seperti gitar akustik dan gitar elektrik. Karena gitar bass hanya mempunyai 4 senar dan cara memainkanya pun juga punya trik sendiri.

"Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar)." (kutipan Wikipedia.org)
Gitar bass mempunyai berat yang lebih daripada gitar pada umumya, ini dikarenakan senar gitar bass yang sangat tebal. Untuk menyeimbangi senar yang tebal diperlukan neck yang kuat dan body yang kokoh. Selain ini jarak fret gitar pada bass juga sangat lebar, sehingga untuk pemula yang baru mencoba pertama kali mungkin akan susah untuk meraih fret yang lain secara bersamaan.

Dibawah ini caragitar.com akan memberikan panduan yang berisi tutorial lengkap tentang gitar bass. Panduan akan disertai dengan contoh praktek dalam bentuk gambar atau video.

Tutorial yang diberikan nantinya akan selalu update hampir setiap harinya. Jadi mungkin anda tidak cukup hanya satu hari membuka halaman ini nantinya. Untuk mempermudah menemukan artikel ini nanti, kami menyarankan anda untuk mem-bookmark halaman ini dengan cara menekan tombol shortcut di keyboard komputer Anda (CTRL +D) atau klik Tombol Bookmark pada browser Desktop atau Smartphone Anda.

Tips & Tutorial Cara Belajar Gitar Bass

1. Pengenalan Gitar Bass Untuk Pemula
Pada bagian ini kita akan mempelajari hal mendasar yang harus anda ketahui sebelum kita melanjutkan ke praktek. Bagian ini sangatlah penting, karena jika anda tidak bisa menguasai hal mendasar ini maka anda akan menemui kesulitan nantinya baik saat latihan atau membaca tutorial selanjutnya. Materi yang akan dibahas disini antara lain tentang pengertian gitar bass, sejarah gitar bass, dan beberapa referensi tentang merk gitar bass. (Baca selengkapnya...)

2. Anatomi Bagian-Bagian Gitar Bass
Mempelajari bagian gitar bass sangatlah penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran anda tentang gitar bass. Anda juga harus menguasai semua bagian-bagian dalam gitar bass. Hal ini akan berguna nantinya saat anda diberikan pengarahan oleh master gitar bass ataupun saat anda ingin memperbaiki gitar bass atau membeli gitar bass yang baru. Materi yang akan kita perdalam disini adalah tentang body gitar, senar gitar dan nada gitar bass. (Baca selengkapnya...

3. Tuning Gitar Bass
Kita mulai bagian praktek yang pertama, yaitu menyetem gitar bass. Hal ini juga penting karena tanpa keahlian menyetem maka ketrampilan anda bermain bass akan sia-sia, karena gitar bass belum terstem. Alhasil, anda harus mengandalkan orang lain untuk menyetem gitar bass yang akan anda mainkan sendiri. Sangat perlu untuk mempelajari tuning gitar bass. (Baca selengkapnya...)

4. Tips Dasar Cara Bermain Gitar Bass  (last update: 01/10/2014)
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License