Anatomi Bagian-Bagian Gitar Akustik

Tuesday, September 30, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Anatomi Bagian-Bagian Gitar Akustik. Mempelajari anatomi berarti mempelajari bentuk fisik dari gitar akustik. Hal ini sangat berguna untuk diterapkan pada saat kita menyetel gitar, membersihkan gitar, memperbaiki gitar ataupun memilih gitar untuk kita beli.

Beberapa bagian-bagian gitar terpenting yang harus anda ketahui antara lain adalah fretboard/fingerboard gitar, tuner gitar, dan neck gitar. Adapun bagian lain dari kita juga harus kita pelajari untuk menambah wawasan kita tentang gitar akustik. Disini caragitar.com akan memberikan pengenalan gitar akustik berupa gambar dan dilengkapi dengan pembahasan.

Gitar akustik terdiri dari tiga bagian utama yaitu kepala/head, leher/neck dan badan/body. Pada bagian head gitar terdapat sebuah alat yang digunakan untuk melakukan setem pada senar yang disebut Tuner.

Bagian-Bagian Gitar Akustik


Dibawah ini adalah gambar anatomi bagian-bagian gitar akustik.

gambar bagian gitar akustik
Klik gambar untuk memperbesar

1. Kepala (Headstock)
headstock gitar akustik
Kepala gitar akustik terdapat di bagian gitar paling atas. Kepala gitar ini berbahan baku kayu yang pada bagianya terdapat Tunner dan Nut. Kepala gitar juga merepresentasikan brand atau merek dari gitar itu sendiri, karena masing-masing merk gitar mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Disini juga terdapat gambar logo dari Merk atau pembuat gitar.

2. Nut
nut gitar akustik
Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Tanpa nut maka suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merk gitar mempunyai warna nut yang sama yaitu putih.

3. Tunner
tunner gitar akustik
Tunner adalah mesin pemutar yang umumnya terbuat dari bahan logam (metal). Jumlah tunner sama dengan jumlah senarnya yaitu 6 buah, karena setiap tunner mewakili satu senar. Fungsi dari tunner ini adalah untuk menyetem gitar akustik.

4. Fret
fret gitar akustik
Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Pada gitar akustik fret gitar berjumlah 19 buah. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

5. Leher (Neck)
leher gitar akustik
Leher gitar adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna. Jika leher gitar sudah melengkung maka dipastikan gitar tersebut sudah tidak bagus lagi. Leher gitar ini terbuat dari kayu solid berkualitas tinggi.

6. Penghubung
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body).

7. Badan (Body)
bagian body gitar akustik
Badan gitar adalah bagian yang paling menonjol pada gitar, karena hampir 80% gitar terdiri dari badan gitar. Badan gitar juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Bentuk dari badan gitar sangatlah beragam dan bervariasi tergantung dari si pembuat gitar.

8. Bridge
bridge gitar akustik
Bridge mempunyai fungsi untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar. Pada bagian bridge terdapat bantalan putih yang bernama Saddle. Bagian bridge sendiri terbuat dari kayu kualitas terbaik.

9. Soundboard
Soundboard adalah kotak resonansi suara pada gitar. Soundboard ini berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat ruangan yang berfungsi untuk meresonansikan suara dari senar gitar, sehingga suara dari senar akan lebih nyaring dan lebih keras.

10. Lubang Suara
Lubang suara adalah bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.

11. Senar (String)
Senar gitar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar belumlah lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, yaitu senar 1, senar 2, 3, 4, 5 dan 6. Masing - masing senar juga mempunyai nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E' (Standard Tuning).

12. Saddle
Saddle adalah bantalah yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi dari saddle ini mirip dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengan nyaring.

13. Fingerboard/Fretboard
fretboard gitar akustik
Seusuai dengan namanya Fingerboard yang berarti papan jari. Yaitu adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).


Senar Gitar


Gitar memiliki 6 buah senar yang mempunyai ukuran dan nada yang berbeda-beda. Gitar akustik pada umumnya memiliki senar yang terbuat dari bahan stainless steel. Senar 1,2,3 adalah senar stainless single dan senar 4,5,6 adalah senar stainless dengan lilitan tembaga.

tuning stem senar gitar akustik

Gitar mempunyai berbagai macam jenis tuning. Tipe tuning yang paling banyak digunakan adalah "Standard Tuning". Pada standar tuning senar 1 bernada E', senar 2 bernada B, senar 3 bernada G, senar 4 bernada D, senar 5 bernada A dan senar 6 bernada E.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan lihat tabel berikut :
cara stem gitar akustik standar
Artikel terkait :


Nada Pada Gitar


Pada setiap bagian fingerboard akan muncul nada yang berbeda-beda saat kita menekanya. Untuk lebih lengkapnya tentang nada-nada pada fretboard/fingerboard silahkan lihat gambar dibawah ini.

nada pada fret gitar

Atau baca tabel ini :
nada pada fret gitar

Dengan mempelajari anatomi atau bagian-bagian gitar maka anda akan lebih tahu seluk beluk tentang gitar Akustik. 
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License