Pengenalan Gitar Elektrik Untuk Pemula

Saturday, October 4, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Pengenalan Gitar Elektrik Untuk Pemula. Gitar elektrik adalah sebuah gitar yang berbeda dengan gitar lainya, karena menggunakan sumber daya listrik untuk  output suara. Gitar listik tak ubahnya adalah gitar yang didalamnya terdapat sebuah pick-up atau spull yang akan menangkap gelombang frekuensi dari senar yang kemudian akan disalurkan ke ampli dan ke speaker. Biasanya sebelum disalurkan ke ampli, sinyal analog terlebih dahulu akan melewati sebuah efek gitar yang akan mengubah nya menjadi output suara dengan efek-efek tertentu.

Disini kita akan mempelajari lebih mendalam tentang gitar elektrik, mulai dari sejarah sampai dengan beberapa merk gitar elektrik terbaik.

Sejarah Gitar Elektrik

Peribahasa mengatakan "Tak kenal maka tak sayang" yang bisa berarti bahwa kita harus mengehal sesuatu yang akan kita pelajari sebelum mulai memainkanya, karena dengan mengenal seluk beluk tentang gitar elektrik maka akan semakin bertambah rasa sayang/kesukaan kita terhadap gitar elektrik.

Kebutuhan akan gitar dengan suara yang kuat semakin nyata di era big band, ditandai dengan semakin berkembangnya orkestra-orkestra jazz pada tahun 1930 dan 1940.

"Gitar listrik awalnya didisain oleh pembuat gitar, pencinta elektronika dan pabrikan alat-alat musik.Inovator gitar Les Paul mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan memakai tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation pada tahun 1932. Disain pertama mereka dibuat oleh Harry Watson, seorang ahli yang bekerja di Electro String Company.Gitar baru tersebut dinamai "Rickenbacker" oleh perusahaan dan menjadi yang pertama di jenisnya. Dokumentasi pertama penampilan dengan gitar listrik adalah tahun 1932 oleh seorang gitaris dan bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beacon pada 2 oktober 1932 dan terus tampil dalam bulan tersebut. Perekaman pertama dengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style seperti Andy Iola pada awal tahun 1933. Alvino Rey adalah seniman yang membawa instrumen ini ke penikmat yang lebih luas dalam suatu settingan orkestra besar, kemudian mengembangkan gitar dengan pedal besi untuk Gibson Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitar listrik spanish kepada seorang pemuda yang bernama Charlie Christian yang membuat instrumen tersebut terkenal dalam perjalanan hidupnya dan secara umum dikenal sebagai gitar listrik pertama dan juga membawa pengaruh yang besar ke dalam musik jazz sampai dekade selanjutnya. Perekaman pertama gitar listrik spanish adalah di Dallas September 1939, dalam sebuah session oleh Roy Newman and His Boys sebuah band Western Swing. Sang gitaris Jim Boyd memakai gitar listriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu salah satunya "Corrine, Corrina". Awal-awalnya pabrikan gitar meliputi : Rickenbacker pada tahun 1932, Dobro tahun 1933, NationalAudio Vox dan Volu-Ton tahun 1934,VegaEpiphone, dan Gibson tahun 1936, dan banyak lagi sejak tahun 1936. Versi instrumen yang paling dikenali saat ini adalah Solid Bodied Electric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat dari kayu padat tanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker menawarkan sebuah gitar listrik dengan cetakan aluminium yang dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar. Dikembangkan tahun 1931 dan mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar ini menghasilkan suara yang modern dan agresif. Perusahaan Audio Vox membuat dan mungkin sudah menawarkan gitar solid body di pertengahan 1930. Sebuah gitar padat lainnya didisain oleh seorang musisi dan penemu Les Paul di awal 1940, dia bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. Gitar Log Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggap sebagai yang pertama di jenisnya." (kutipan: Wikipedia.org)

Merk - Merk Terbaik Gitar Elektronik. Gitar elektrik atau yang lebih dikenal dengan gitar listrik adalah sejenis gitar yang menggunakan pick up untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang nantinya akan dikuatkan kembali dengan menggunakan ampli gitar dan loud speaker. Gitar elektrik saat ini didominasi oleh brand/merk barat, diantaranya adalah gibson, fender, dll.

Bagi anda yang ingin membeli gitar elektrik tidak ada salahnya untuk membaca referensi beberapa brand gitar terbaik sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Dibawah ini adalah beberapa merk-merk gitar elektriik terbaik versi CARAGITAR.com.


1. Gibson

Perusahaan : Gibson Guitar Corporation
Didirikan : 1902
Negara asal : USA (Amerika Serikat) 
Situs web : www.gibson.com

Gitar gibson menduduki posisi teratas karena kualitas material dan suara gitar yang dihasilkan oleh merk ternama ini. Gibson adalah gitar buatan Amerika yang mempunyai pusat di Nashville, Tennessee. Pendiri merk gitar gibson sendiri adalah Orville Gibson. Gibson menjual gitar dibawah nama merek dan membangun salah satu gitar paling ikonik di dunia yaitu Gibson Les Paul. Di Indonesia sendiri gitar Gibson Les Paul banyak dipakai untuk tampil diatas panggung oleh musisi-musisi ternama.

Dibawah ini adalah gambar gitar merk terkenal dari Gibson yaitu Gibson Les Paul

Gibson Les Paul pertama kali dijual pada tahun 1952. Gitar paling ikonik ini dirancang oleh Ted McCarty yang kemudian terdaftar sebagai gitar terpopuler di Gibson dan di seluruh dunia. Dominasi warna emas dan coklatnya terlihat sempurna melekat pada gitar elektrik yang satu ini.


2. Fender

Perusahaan : Fender Musical Instruments Corporation
Didirikan : 1946
Negara Asa : USA (Amerika Serikat)
Situs Web : www.fender.com

Diposisi kedua ditempati oleh Fender, Perusahaan gitar asal amerika ini patut diacungi jempol untuk kualitas body dan suara gitarnya. Beberapa produk terkenal mereka antara lain Fender Telecaster, Fender Stratocaster dan Fender Precision Bass. Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh Leo Fender pada tahun 1946 dengan nama "Fender Electric Instrument Manufacturing Company".

Lokasi kantor perusahaan ini berada di Arizone amerika serikat dengan fasilitas pabrik utama di California.

Selain Les Paul Gibson, Gitar Fender Stratocaster juga menjadi gitar ikonik yang paling banyak di pakai orang di seluruh dunia. Dibawah ini adalah penampakan gitar Fender Stratocaster


Gitar Fender Stratocaster ini diluncurkan pada tahun 1954. Gitar ini banyak dipakai oleh gitaris ternama, diantaranya Eric Clapton, dan Joe Satriani.

3. Ibanez

Perusahaan : Hoshino Gakki
Didirikan : 1957
Negara Asal : Jepang
Situs Web : www.ibanez.com

Ibanez adalah sebuah brand dari perusahaan multinasional dari jepang yang memproduksi alat musik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 yang bermarkas di Nagoya Jepang. Produk mereka antara lain adalah gitar elektrik, gitar bass, amplifier.

Produk gitar dari ibanez memang cukup di kenal di masyarakat global. Di Indonesia sendiri merek gitar ini cukup populer hampir menyamai fender. Gitar ibanez juga banyak di pakai oleh gitaris gitaris hebat dunia, salah satunya adalah Joe Satriani.

Salah satu gitar Ibanez paling populer di Indonesia adalah Ibanez JEM, dibawah ini adalah penampakan gitarnya.
gitar ibanez jem


4. Jackson

gitar merk jackson

Perusahaan : Fender Musical Instruments Corporation
Didirikan : 1980
Negara Asal : USA (Amerika Serikat)


Gitar merk Jackson berasal ketika seorang gitaris bernama Randy Rhoads mendekati charvel dengan ide untuk gitar individual. Di Indonesia gitar merk ini juga sangat terkenal, khususnya di kalangan para musisi metal. 

gitar jackson

Jackson King V adalah gitar merk Jackson yang paling banyak digunakan oleh musisi-musisi metal

5. B.C Rich

Perusahaan : Hansel Music Group
Didirikan : 1969
Negara Asal : United States (Amerika Serikat)
Situs Web : www.brich.com
Perusahaan gitar B.C Rich hingga saat ini terus mengembangkan varian gitar terbarunya dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari gitar cusom sampai dengan gitar standar import. Untuk di Indonesia, tampaknya gitar merk ini agak kurang diketahui banyak oleh masyarakat. Mungkin karena harganya yang relatif mahal.

Salah satu model gitar ikonik dari B.C Rich adalah model gitar Warlock

model gitar warlock bc rich

6. Yamaha

Perusahaan : Yamaha Corporation
Didirikan : 1887
Negara Asal : Japan
Situs Web : www.yamaha.com
yamaha guitar model


7. Epiphone

Perusahaan : Gibson Guitar Corporation
Didirikan : 1873
Negara Asal : Amerika serikat
Situs Web : www.epiphone.com
gitar epiphone



Referensi : wikipedia.org, images.google.com

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License