Cara Memetik Gitar Yang Benar

Monday, November 3, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Cara Memetik Gitar Yang Benar. Dalam sebuah permainan gitar gitar terdapat teknik yang paling banyak digunakan terutama oleh gitaris klasik dan akustik, yaitu teknik petikan. Teknik ini adalah cara dimana kita membunyikan senar gitar satu persau dengan jari-jari tangan kita.

Untuk mempelajari teknik petikan ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari tingkat ketanggapan jari tangan anda. Jika anda memang belum mengerti sama sekali tentang gitar atau chord, maka saya tidak menyarankan anda untuk langsung mempelajari teknik ini. Karena teknik ini lebih baik dipelajari jika anda sudah menguasai semua teknik dasar gitar.

Hal yang banyak menjadi pertanyaan oleh orang yang baru pertama kali belajar petikan adalah posisi tangan harus seperti apa? Posisi tangan ini tergantung dari kita, jika kita nyaman makan itu lah posisi yang tepat untuk anda.

Tips Cara Memetik Gitar Yang Benar


1.  Lakukan petikan gitar dengan 2 jari.
Untuk pertama kali ada baiknya anda belajar memetik gitar dengan menggunakan 2 jari terlebih dahulu, baru setelah anda menguasainya anda bisa lanjut ke 3 jari 4 jari dan terakhir ke 5 jari digunakan bersamaan. Ini memang akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi yakinkan pada diri anda, selama anda latihan tidaklah ada sesuatu yang sia-sia.

2. Penempatan jari 
Hal ini adalah yang paling rawan untuk terjadi kesalahan, banyak gitaris pemula yang tidak terlalu memperhatikan hal ini. Pada tahap penempatan jari, jari yang kita pakai harus tepat posisinya. Jika tidak tepat maka akan mengakibatkan permainan tangan anda akan menjadi kaku.

Aturan yang biasa dipakai dalam memetik gitar adalah :
 - Senar 6,5,4 kita petik menggunakan ibu jari/jempol
 - Senar 1,2,3 kita petik menggunakan jari telunjuk, jari tengah, jari kelingking, dan jari manis.

3. Penerapan pada chord/kunci gitar
Terapkan teknik petikan gitar pada beberapa chord yang mudah, mulai dari chord seperti C, D, A, F, G, E dan lanjut ke chord yang agak sulit seperti Bm, F#m, C#m, dll.

4. Terapkan pada lagu
Mulailah belajar menerapkan teknik perikan gitar pada lagu -lagu yang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup rendah, seperti lagu Peterpan berjudul Semua tentang kita, atau mungkin lagu Andra and the backbone berjudul sempurna.

Kunci dari kebarhasilan penguasaan teknik petikan ini adalah latihan terus menerus. Dengan berlatih maka kita akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jika ada pertanyaan seputar cara memetik gitar yang benar, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, terimakasih.


Artikel terkait :
 - Cara bermain teknik gitar economic picking
 - Cara bermain power chord pada gitar
 - Belajar teknik gitar legato untuk pemula
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License