10 Tips Bermain Ukulele Untuk Pemula

Sunday, September 21, 2014

CARAGITAR.com - 10 Tips Bermain Ukulele Untuk Pemula. Bermain ukulele sangatlah menyenangkan, karena selain bisa menghibur diri sendiri, ukulele juga dapat menghibur orang lain yang juga mendengarkan suara ukulele yang kita mainkan. Bermain ukulele merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga, karena walaupun kita sudah bisa memainkanya pasti kita akan berusaha untuk lebih mengeksplorasi berbagai macam teknik ukulele.

Bagi sebagian orang bermain ukulele mungkin terasa sangat susah, tapi itu hanyalah anggapan mereka saja yang belum pernah memainkan alat musik ini. Sebenarnya jika kita mau mempelajari pastinya kita akan bisa menguasainya, tentu saja dengan belajar dan latihan.

tips pemula ukulele

Untuk seorang pemula yang sedang ingin belajar, disini caragitar.com akan memberikan beberapa tips bermain ukulele. Apa saja tipsnya, kita baca satu-persatu.

10 Tips Bermain Ukulele Untuk Pemula

1. Pilih ukulele yang layak.
Ini sangat penting untuk keberhasilan anda dalam mempelajari ukulele. Jika anda ingin belajar serius, pastinya anda tidak akan asal-asalan membeli ukulele. Ada baiknya ketika anda membeli dan memilih ukulele, pilihlah merk/brand yang memang bisa terpercaya, seperti : Kala, Mahalo, Lanikai, Pono, Kamaka, Luna dan Kanilea. Anda bisa mencarinya di toko musik di kota daerah anda. Untuk mempelajari lebih dalam tentang tips memilih ukulele, silahkan baca artikel berikut :
 - Tips membeli/memilih ukulele

2. Pelajari cara memegang ukulele
Hal ini mungkin terlihat bodoh dan sepele, tetapi hal kecil ini dapat membantu anda kelak jika sudah sukses dan tampil di berbagai acara. Luangkan sedikit waktu anda untuk mencoba berbagai posisi yang bagus, baik saat duduk maupun berdiri. Ketika posisi tubuh anda duduk, anda bisa membiarkan ukulele menempel pada salah satu kaki anda dan memposisikan tangan kanan anda untuk memetik senar. Lalu pada saat anda berdiri anda bisa menempelkan ukulele pada dada anda dengan posisi tubuh tetap tegap. Yang perlu diketahui juga, jangan terlalu keras-keras menempelkan ukulele pada tubuh anda, karena suara ukulele akan menimbulkan getaran yang cukup lumayan keras.

Untuk bereksperimen posisi/gaya lain, anda bisa mencobanya sendiri di depan kaca.  Dan tentu saja dengan melihat beberapa referensi video gitaris ukulele saat tampil diatas panggung.

3. Have fun!
Bermain ukulele harusnya bisa membuat anda bahagia dan terhibur, bukan menjadi beban yang berarti dalam hidup anda. Cobalah untuk menganggap ukulele adalah sebuah mainan, mainan yang menyenangkan untuk dimainkan. Dengan berpikir seperti itu mudah-mudahan bisa mengubah pola pikir anda dan selalu bermain ukulele dengan perasaan senang. Anda tidak perlu latihan keras 5 jam perhari atau lebih lama dari itu. Jadikan latihan ukulele sebagai bagian dari kegiatan harian anda agar tidak menjadi beban dalam hidup anda. Nikmati dan rasakan setiap petikan, nada dan lagu yang anda mainkan untuk menambah feeling anda dalam bermain ukulele.

4. Mulailah dari Dasar
Ketika anda mencari video ukulele di youtube atau situs-situs lain anda akan melihat pemain ukulele yang sangat jago memainkan ukulelenya. Tetapi dibalik keindahan dan betapa menakjubkanya dia bermain ukulele, pasti dia mulai dari hal yang kecil yaitu dasar. Seperti orang yang berlari kencang, pastinya saat masih bayi, dia akan memulai belajar berjalan terlebih dahulu.

Untuk pemula saya sarankan untuk memepelajari beberap chord dasar ukulele terlebih dahulu, klik artikel dibawah ini untuk melihat chord dasar ukulele yang harus dipelajari untuk pemula :
 - Kunci dasar ukulele untuk pemula

5. Buat variasi petikan
Pada awalnya Anda mungkin hanya memetik ukulele dari atas ke bawah, kemudian dari bawah ke atas. Tapi lama kelamaan anda akan mencoba untuk mencari variasi lain, seperti menambahkan berapa slap, tamparan dengan telapak, atau gaya lainya. Untuk mempelajari beberapa variasi petika, anda bisa mencari video referensi nya di youtube atau situs lain.

6. Gunakan Ukulele Tab untuk mempelajari lagu-lagu.
Mempelajari lagu-lagu ukulele akan sangat mudah jika anda menggunakan sebuah tab, tab ukulele bisa dibilang sebuah contekan yang akan menuntun anda bermain lagu ukulele secara instan tanpa harus mencari nadanya sendiri.

7. Perlahan tapi pasti.
Belajar ukulele tidak harus menggunakan target yang bersar dan harus selesai dalam beberapa hari saja. Untuk belajar ukulele kita titak harus tergesa-gesa, cukup belajar pelan-pelan tapi dengan kepastian dan agar kita lebih bisa mendalami materi yang sedang dipelajari.

8. Bermain bersama pemain ukulele lain
Apakah anda belum pernah bergabung di komunitas ukulele, atau komunitas musik lainya. Jika anda belum, sebaiknya anda mencari dan ikut bergabung bersama komunitas mereka. Dengan bermain bersama-sama dengan orang yang juga sehobi maka kita akan merasa terpacu untuk lebih maju dari mereka. Bermain ukulele bersama dengan orang yang sudah mahir juga sangat bermanfaat untuk referensi dan sebagai pacuan semangat kita.

9. Rekam permainan anda, dengar dan koreksi
Jika anda mempunyai sebuah alat recorder, baik itu mp3 player, handphone ataupun komputer/laptop maka itu akan sangat berguna untuk alat perekam penampilan kita. Dengan cara melihat rekaman permainan kita, maka hal itu bisa kita gunakan untuk mengoreksinya di kemudian hari. Mendengarkan rekaman sendiri juga sangat efektif untuk memperbaiki kualitas kita dan skil yang kita miliki agar lebih sempurna.

10. Latihan fingering/senar jari
Latihan fingering juga merupakan hal penting yang bisa kita lakukan sebelum dan sesusah latihan. Latihan fingering ini akan membantu secara bertahap ketrampilan jari tangan anda bermain ukulele. Baik di dunia gitar maupun ukulele, saya rasa latihan ini adalah yang menjadi nomor satu.


Jika anda sudah mulai sering latihan, pastinya jari tangan anda akan  menjadi kapalan, tapi hal itu adalah biasa saja, karena setelah kapalan nanti tangan kita akan terasa lebih kebal dari sebelumnya, karena kulit mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan/perlakuan baru.

Saya kita itu saja tips yang bisa saya berikan, Tips terakhir dari saya adalah memotong kuku jari tangan kiri anda. Karena dengan kuku yang tidak terlalu panjang anda akan lebih mudah untuk memencet senar. Terima kasih telah membaca artikel tips bermain ukulele untuk pemula dari caragitar.com. Jika ada hal yang ingin anda sampaikan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.


Artikel terkait :

Referensi : ukuguides.com
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License