Kunci Dasar Ukulele Untuk Pemula

Saturday, September 20, 2014

CARAGITAR.com - Kunci Dasar Ukulele Untuk Pemula. Ketika anda baru memulai belajar ukulele tidak mungkin jika anda harus menghafal semua lick, tablature, strumming, scale dan ratusan chord dalam sekejap. Yang pasti anda tidak harus langsung menguasai semua teknik diatas, tapi yang perlu anda pelajari terlebih dahulu sebagai pemula adalah beberapa kunci dasar ukulele.

Disini saya akan memberikan beberapa kunci dasar ukulele yang patut dipelajari oleh orang yang baru mulai mempelajari ukulele. Diantaranya adalah kunci mayor A C B  D E F G, minor dan kunci 7.

Tetapi sebelum anda mulai belajar chord ukulele, ada  hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, yaitu menyetem/tuning ukulele anda. Tuning yang akan kita pakai disini adalah Standard Tuning. Bagi anda yang belum tahu cara menyetem ukulele standard, baca artikel dibawah ini terlebih dahulu :
 - Cara Stem/Tuning Ukulele Standard


Kunci Dasar Ukulele Untuk Pemula

Kunci Mayor
Pertama kita akan mulai dengan kunci mayor. kunci ini terdiri dari 7 macam, yaitu : CDEFGAB (Do Re Mi Fa Sol La Si) diantara 7 chord diatas yang paling banyak digunakan adalah kunci ACDEF, sedangkan kunci G dan B sangat jarang dipakai dalam sebuah lagu. Chord yang paling susah adalah chord/kunci E, padahal kunci ini cukup banyak digunakan di beberapa lagu, baik lagu barat maupun lagu lokal/Indonesia.

Dibawah ini adalah gambar diagram kunci ukulele :
kunci mayor ukulele
Gambar kunci ukulele A, B, C, D, E, F, G mayor


Kunci Minor
Selanjutnya setelah kunci mayor adalah kunci minor. kunci ini juga cukup banyak digunakan di sebagian lagu. tanpa kunci ini suasana lagu akan terasa hambar, untuk itu sangat penting untuk mempelajari kunci minor. Kesan dari kunci minor adalah nada yang tegas, dan terkesan emosi/marah/bersemangat.

Beberapa kunci minor yang paling banyak digunakan adalah kunci Am, Dm dan Em. Untuk gambar lengkapnya, silahkan lihat dibawah ini.

kunci ukulele
Gambar kunci ukulele Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, G minor

Kunci 7
Mungkin kunci ini masih dipandang sebelah mata bagi para pecinta ukulele amatir, tapi sesungguhnya kunci ini juga berperan penting dalam berbagai permainan ukulele. chord 7 ini mempunyai tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi atau bisa dibilang mudah. tapi itu berlaku untuk beberapa kunci seperti kunci A7 dan C7, berbeda halnya dengan kunci F7.

Langsung saja dibawah ini adalah gambar diagram kunci 7 ukulele.
chord 7 ukulele
Gambar kunci ukulele A7, B7, C7, D7, E7, F7, G7

Pendapat saya pribadi, sebaiknya anda harus menguasai semua chord/kunci dasar ukulele diatas. Baru jika anda sudah menguasai semua kunci diatas, Anda bisa mempelajari berbagai macam kunci, teknik, lick, tablature, scale ukulele yang lain.

Terima kasih telah membaca artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang ingin belajar ukulele. Setiap komentar, kritik dan saran akan saya tanggapi dengan segera.


Artikel terkait :

Referensi : ukuguides.com
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License