Cara Membersihkan dan Merawat Ukulele

Monday, September 22, 2014

CARAGITAR.com - Cara Membersihkan dan Merawat Ukulele. Dalam panduan ini caragitar.com akan menjelaskan beberapa tips untuk benar-enar menjaga ukulele anda. Kapan sebaiknya anda mengganti semua senar ukulele, atau hal lain tentang perawatan dan perlindungan ukulele dari kelembaban yang dapat merusak body dan suara ukulele.

Kapan saya harus mengganti semua senar ukulele?
Mengganti semua senar ukulele merupakan hal penting yang biasanya banyak dilupakan, senar yang sudah tidak layak pakai akan sangat menggangu, karena suara yang ditimbulkan tidak akan sempurna. Untuk itu perlu sekali mengganti senar ukulele setiap 6 bulan sekali, 3 bulan sekali, 1 tahun sekali, tergantung dari pemakaian anda.

Sebaiknya jika anda rutin menggunakan ukulele hampir tiap hari, segera ganti semua senar setelah 4 bulan pemakaian.

Beberapa tanda yang mengindikasikan senar ukulele harus diganti adalah :
 - Kondisi fisik senar sudah tidak mulus
 - Suara senar tedengar keras

Melindungi Ukulele dari Kelembaban/Air
Kelembaban dapat mempengaruhi kualitas body dan instrumen lain terutama yang terbuat dari bahan kayu. Sebaiknya jangan menyimpan ukulele di tempat-tempat yang lembab. dan jauhkan juga dari paparan sinar matahari langsung. Yang terpenting adalah segera keringkan ukulele anda jika suatu saat terkena air.

Simpan Ukulele di Tas (Softcase/Hardcase)
Jika anda ingin menyimpan ukulele anda pastikan anda melindunginya dari debu/kotoran lain. Caranya adalah memasukanya ke dalam tas atau hardcase, anda bisa membelinya di toko musik di sekitar rumah anda. Jika anda tidak mempunyai dana untuk membeli pelindung ukulele, anda bisa menggunakan kantong plastik yang besar.

Bersihkan Noda/Kotoran yang yang melekat
Selalu bersihkan juga body ukulele dari kotoran atau noda yang melekat. Biasanya kotoran tersebut berasal dari kotoran nyamuk, dll. Anda bisa menggunakan lap halus untuk mengelapnya. Bila noda susah dihilangkan anda juga bisa menambahkan cairan pembersih lainya.

cara membersihkan ukulele
image by: ukuguides.com

Kendorkan senar saat tidak dipakai untuk jangka waktu lama
Pastikan anda untuk mengendorkan semua senar ukulele jika anda tidak akan memakainya untuk jangka waktu yang lama, dengan ini neck ukulele tidak akan mudah melengkung.

Itulah beberapa tips cari caragitar.com JIka anda mempunyai beberapa tips lain seputar ukulele, jangan sungkan untuk saling berbagi  dengan memberikan komentar dibawah artikel ini. Terimakasih selamat bermain ukulele.


Artikel terkait :
 - Cara membaca tab ukulele
 - Tips mengatasi ukulele berisik
10 Tips bermain ukulele untuk pemula


Referensi : ukuguides.com
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License