Tips Membeli Gitar Ukulele

Saturday, September 20, 2014

CARAGITAR.com - Tips Membeli Gitar Ukulele. Ukulele merupakan sebuah alat musik yang mempunyai bentuk mirip dengan gitar, hanya saja ukuranya yang lebih kesil. Ukulele ini adalah alat musik asli Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1878. Dimulai saat beberapa imigran dari Portugis (Madeira/Azorez dan Purtugal) yang berjumlah sekitar 20.000 orang melakukan perjalanan melewati Afrika selatan untuk ke Hawaii. Salah seorang dari mereka membawa gitar kecil yang disebut Braginho dan akhirnya menjadi alat musik populer di Hawaii dengan ukurang yang lebih kecil dengan 4 senar saja, kemudian jadilah Ukulele

Di Indonesia sendiri alat musik ini sering digunakan untuk bermain musik keroncong, karena suaranya yang berbunyi "crong, crong, crong". Pada mulanya gitar ukulele ini dibawa ke Pulai Ambon, kemudian ke Makassar dan akhirnya menjadi alat musik utama Keroncong di Kampung Toegoe, Cilincing, Jakarta Utara.

tips memilih kentrung ukulele

Untuk anda yang ingin membeli gitar ukulele, sebaiknya anda membaca tips berikut ini.

Tips Membeli/Memilih Gitar Ukulele

1. Pilih ukuran yang pas
Ukulele mempunyai banyak ukuran/model, mulai dari yang paling kecil bernama Soprano sampai yang paling besar (baritone).
jenis ukulele

Model paling kecil soprano memiliki ukuran 33 cm dengan tuning G'C'E'A. Model ukulele yang satu ini lebih cocok jika digunakan untuk untuk para pemula, karena bentuknya yang kecil, ramping dan bisa dibawa kemana-mana.

Model yang kedua adalah Concert dengan ukuran 38 cm tuning G'C'E'A'. Untuk yang satu ini kebanyakan dipakai oleh musisi-musisi untuk tampil di atas panggung, karena bentuknya yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Saya sarankan anda untuk membeli ukulele model ini.

Yang ketiga adalah model tenor yang mempunyai ukuran panjang 43 cm dengan tuning G'C'E'A atau D' G B E'. Yang terakhir adalah model Baritone, ini adalah model ukulele paling besar dengan panjang 48 cm tuning D G B E'.

2. Jenis Kayu/Material
Material ukulele juga sangat penting untuk kita pertimbangkan. bahan ukulele paling umum digunakan adalah Kayu, dan kayunya sendiri juga bermacam-macam, mulai dari Monkeypod, mahoni/mahogani, kayu mangga, Rosewood, Cedar, Akasia, dll.
kayu ukulele bagus

Koa adalah jenis kayu yang paling banyak di gunakan untuk memproduksi ukulele di Hawaii. jenis kayu ini dipilih karena mempunyai karakter suara yang sangat hangat dan indah. Namun ukulele dengan bahan kayu Koa biasanya mempunyai harga yang sangat mahal.

Mahoni adalah alternatif kedua jika anda tidak sanggup untuk membeli ukulele dari kayu Koa, karakter suara dari ukulele kayu mahoni adalah suaranya yang lembut dan tentu saja dengan harga yang lumayan murah, Di Indonesia sendiri kayu mahoni sangat banyak ditemukan, sehingga akan berpengaruh pada harga ukulele kayu mahoni yang murah.

Selain kayu koa dan mahoni, ada juga kayu Cemara dan Rosewood.

3. Merek
Merek menentukan harga kualitas dan keawetan. Memilih merk ukulele sangat penting karena semakin bagus merek pastinya kualitas body dan suara ukulele juga akan bagus.
brand ukulele

Merk yang paling populer antara lain : Kala, Mahalo, Lanikai, Pono, Kamaka, Luna dan Kanilea. Jika anda ingin membeli ukulele pilihlah beberapa merk diatas, dan pastikan produk yang anda beli bukan produk KW/Replika.

Kesimpulanya, jika anda ingin membeli ukulele adalah pertimbangkan semua aspek model brand dan juga budget/uang yang anda miliki. Anda juga bisa membandingkan harga-harga masing masing brand di beberapa toko-toko musik, baik itu toko nyata ataupun di toko online.

Jika ada beberapa hal yang bisa anda tambahkan untuk tips ukulele, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.


Artikel terkait :
 - Cara cepat bermain ukulele
 - Model model gitar ukulele
 - Cara bermain ukulele senar 3
 - Kunci gitar ukulele senar 4

Referensi : ukuguides.com, wikipedia.org, images.google.com Tags : Artikel, Musik, Tips
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License