Arti Simbol Pada Tab Gitar

Thursday, October 9, 2014

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Arti Simbol Pada Tab Gitar. Untuk mempelajari sebuah melody gitar, sebuah alat yang bisa kita fungsikan secara praktis dan instan adalah Tab Gitar. Dengan tab gitar kita bisa mempelajari sebuah lagu dengan cepat tanpa harus mencari terlebih dahulu kunci dan scale dari lagu tersebut.

Tab gitar sendiri adalah sebuah tanda baca yang khusus digunakan untuk gitar. Hampir sama dengan notasi balok yang digunakan pada alat musik piano,dll, tab gitar akan menuntun anda untuk memainkan sebuah melody dengan cepat. Perbedaan mendasar antara notasi balok dan tab gitar adalah pada notasi balok disana disediakan tempo dan ketukan, jadi kita tidak harus mendengarkan lagu terlebih dahulu untuk memainkanya, sedangkan pada tab gitar kita harus mendengarkan atau minimal tahu tentang lagu tersebut.

Hal tersebut yang membuat tab gitar menjadi mudah untuk dipelajari bagi pemula. Karena kita tidak harus berlatih tempo dan ketukan.

Tab gitar ditulis dengan menggunakan kombinasi angka, huruf dan simbol-simbol tertentu. Hampir semua tab gitar ditulis dengan text.

ARTI SIMBOL TAB GITAR

Dalam tab gitar terdapat simbol-simbol tertentu yang akan menginstruksikan anda untuk bermain dengan teknik tertentu. Misalnya simbol "h" untuk bermain hammer-on dan "p" untuk bermain pull-off. Sebenarnya simbol tersebut sangatlah mudah untuk dipelajari. Tapi jika memang anda belum menguasainya, disini caragitar.com akan memberikan informasi bagaimana cara membaca simbol tersebut.

Dibawah ini adalah simbol pada tab gitar dan artinya


h = Hammer on.
p = Pull off.
b atau ( ) = Bend.
r = Release.
/ = Ascending Slide (Slide Up).
\ = Decending Slide (Slide Down).
~ atau v = Vibrato.
x = Mute.
< > = Harmonic.
t = Taping
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Tutor Belajar Gitar.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License